Home Kesehatan 3 Langkah Menghitung Masa Subur Wanita dengan Mudah

3 Langkah Menghitung Masa Subur Wanita dengan Mudah

by admin
3-Langkah-Menghitung-Masa-Subur-Wanita-dengan-Mudah

Masa subur wanita pada dasarnya adalah sebuah kondisi dimana ovarium atau indung telur tengah mengeluarkan sel telur dari tubuh, sehingga menjadi saat yang terbaik untuk berhubungan seksual jika seandainya ingin segera memiliki momongan. Mengingat pada dasarnya kondisi seperti ini memang tidak terjadi setiap hari, paling tidak sekitar seminggu dalam sebulan, dimana ada peluang terjadi pembuahan sehingga bisa hamil. Sehingga bagi Anda yang memang tengah memprogram kehamilan atau memiliki momongan tentunya harus tahu bagaimana menghitung masa subur tersebut.

Wanita yang ingin hamil atau sebaliknya ingin berhubungan seks secara aman sehingga tidak sampai hamil atau terjadi pembuahan sangat disarankan untuk mengenali masa subur mereka. Menghitungnya sendiri memang gampang-gampang susah, apalagi pada dasarnya tidak semua wanita mengalami menstruasi dengan siklus yang selalu konsisten 28 hari, ada yang lebih pendek dari itu namun juga ada yang lebih panjang. Apalagi terkadang kondisi psikis tubuh juga bisa menyebabkan seseorang tidak teratur menstruasinya, langkah terbaiknya memang dengan mengenali diri Anda sendiri dengan baik.

Berikut ini juga diantaranya langkah mudah yang bisa Anda coba untuk menghitung kapan masa subur, yaitu:

  1. Mengetahui panjang dari siklus menstruasi, inilah yang membedakan antara wanita yang satu dengan yang lainnya, karena umumnya setiap wanita memiliki panjang atau durasi menstruasi yang berbeda-beda, normalnya memang adalah 7 hari, namun terkadang ada yang kurang dari itu, juga ada yang lebih dari 7 hari dipengaruhi oleh faktor hormonal. Hitunglah mulai dari menstruasi atau haid di hari pertama sampai dengan hari terakhir menstruasi tersebut. Karena pada dasarnya menstruasi akan berbeda dari bulan satu ke bulan yang lainnya, maka ada baiknya bagi Anda untuk mencatat di dalam kalender kecil. Sehingga nantinya akan jauh lebih mudah untuk mengingat-ingatnya.
  2. Menghitung perkiraan masa subur, langkah selanjutnya adalah dengan memperkirakan masa subur Anda, sebenarnya cara paling mudah adalah dengan menghitung, biasanya antara hari ke 7 sampai dengan 18 setelah masa haid atau menstruasi tersebut berhenti ini adalah masa-masa paling subur bagi wanita. Atau langkah termudahnya adalah dengan kurangi 18 dari siklus terpendek Anda, ini adalah hari pertama dimana tubuh tengah memasuki masa subur, atau dengan mengurangi 11 dari siklus terpanjang Anda, nantinya akan didapatkan hari terakhir masa subur, diantara hari pertama dan juga hari terakhir inilah adalah saat yang paling tepat jika ingin berhubungan seksual, karena sangat mungkin untuk terjadi pembuahan.
  3. Gunakan kalkulator kesuburan, jangan khawatir bagi Anda yang tidak tahu cara untuk menghitung kapan masa subur terjadi, karena sekarang ini ada banyak sekali diantara aplikasi yang memudahkan untuk mengetahuinya, diantaranya adalah dengan mendownload aplikasi kalkulator masa subur, Anda hanya tinggal memasukkan data-data yang diperlukan, mulai dari berapa panjang siklus menstruasi dan juga panjang siklus menstruasi setiap bulannya, maka akan dilihat sendiri kemungkinan masa suburnya, lebih mudah karena memang ada pengingat yang diberikan, cocok bagi yang tengah memprogram kehamilan bukan.

Mudah bukan cara menghitung masa subur, bukan hanya bagi wanita yang sedang ingin hamil, melainkan juga bagi yang tengah mengontrol kehamilan, sebenarnya upaya yang satu ini cocok untuk diterapkan. Sehingga nantinya tidak perlu lagi melakukan kontrasepsi dalam bentuk suntikan hormon, pil KB dan sebagainya, cukup dikontrol dengan langkah ini.

You may also like

Leave a Comment