Home Lifestyle 6 Ide Memanfaatkan Sisa Roti Tawar

6 Ide Memanfaatkan Sisa Roti Tawar

by admin
6-Ide-Memanfaatkan-Sisa-Roti-Tawar

Roti biasanya dimakan saat sarapan atau pengganjal perut saat waktu sela antara makan siang dan makan malam. Salah satu yang memiliki berbagai varian roti adalah Sari Roti. Mulai dari roti tawar dengan aneka rasa, roti isi selai, kue lapis, hingga dorayaki.

Roti bukanlah makanan utama di Indonesia. Seringkali ketika membeli roti dalam jumlah banyak, misalnya roti tawar, banyak lembaran roti yang tidak sempat dimakan. Kadang-kadang rasa bosan juga datang apabila hanya memadukan antara roti dan selai saja.

Roti yang belum sempat dikonsumsi dapat berjamur dan membusuk. Tentu hal ini sangat disayangkan, karena roti akan terbuang percuma. Padahal, ada beberapa cara atau pengolahan agar roti tidak terbuang percuma. Berikut beberapa ide mengolah roti sisa sebelum kadaluarsa:

1. Mengolah Roti Menjadi Crouton

Crouton merupakan roti yang dipanggang atau dimasak ulang sehingga teksturnya semakin kering. Crouton berbentuk dadu kemudian dapat ditambah dengan berbagai macam tambahan rasa baik manis, asin gurih, atau hanya rasa yang plain.

Crouton tanpa rasa atau asin gurih dapat menjadi campuran pada salad. Anda dapat membuatnya hanya menggunakan mentega dan atau olesan bawang. Sedangkan crouton manis dengan gula pasir biasanya untuk camilan.

Untuk membuat crouton tanpa perisa, Anda hanya perlu memotong roti secara dadu. Agar lebih sedap, Anda dapat mengoleskan mentega tidak asin atau minyak zaitun. Kemudian, panggang roti ke dalam oven beberapa saat.

Apabila Anda tidak memiliki oven, Anda dapat menggunakan wajan anti lengket kemudian keringkan roti tersebut dengan menggorengnya tanpa minyak. Jika ingin menggunakan gula, Anda dapat memasak gula dengan mentega terlebih dahulu kemudian masukan roti yang sudah dikeringkan.

2. Mengolah Roti Menjadi Tepung Panir

Tepung panir dapat digunakan untuk lapisan tambahan gorengan seperti risoles, kroket, atau nugget. Tepung panir dapat terbuat dari roti tawar. Untuk membuat tepung panir, Anda cukup menggunakan sisa beberapa lembar roti tawar dari Sari Roti.

Potong dadu roti tawar tersebut, kemudian keringkan bisa menggunakan oven atau penggorengan biasa. Setelah kering, tumbuk roti tersebut dengan kekasaran yang diinginkan sesuai selera.

3. Membuat Puding Roti

Puding roti merupakan pembuatan puding dengan bahan utama dari roti tawar. Ambilah roti tawar kemudian campurkan dengan susu, telur, gula, dan margarin. Tuang pada wadah kecil, kemudian kukus atau panggang puding tersebut.

4. Kulit Risoles

Anda dapat memanfaatkan roti tawar yang sisa dan belum berjamur sebagai kulit luar risoles. Untuk membuat ini, Anda siapkan bahan isian dan sisa roti tawar. Pipihkan roti tawar agar mudah dibentuk. Anda dapat menggunakan botol apabila tidak memiliki rolling pin. Setelah itu, Anda dapat mengisinya dengan isian risoles. Lumuri dengan tepung panir, kemudian goreng.

5. Mengubah Menjadi Cheesecake

Anda dapat menggunakan sisa roti tawar yang banyak dengan cara menjadi cheesecake. Anda dapat membuat tekstur cake dari olahan roti tawar. Cheesecake dapat dipanggang maupun tidak dipanggang tergantung resep yang Anda gunakan.

6. Kulit Es krim Goreng

Ingin kudapan yang tidak biasa? Manfaatkanlah sisa roti tawar untuk membuat es krim goreng. Untuk membuat kudapan ini, Anda setidaknya membutuhkan dua tangkup roti tawar.

Ambil satu scoop es krim, lalu letakkan di tengah roti. Tangkupkan roti lain di atasnya, kemudian cetak menggunakan mangkuk. Setelah tercetak, goreng roti berisi es krim tersebut hingga kecoklatan.

Sari Roti memiliki varian roti tawar yang enak dan bergizi. Anda dapat menggunakan berbagai varian tersebut untuk mencoba resep menggunakan sisa roti tawar di atas. Dengan memanfaatkan sisa roti, Anda tidak perlu membuang makanan dan bisa mendapat kudapan yang lebih enak serta tidak membosankan.

Leave a Comment