7 Jenis Kandungan Dalam ASI yang Menjadi Sumber Kehidupan Si Kecil

  • Whatsapp
7-Jenis-Kandungan-Dalam-ASI-yang-Menjadi-Sumber-Kehidupan-Si-Kecil
Foto dari Canva Pro

ASI merupakan sumber gizi terbaik yang dapat diberikan sang ibu untuk anaknya. Selama 6 bulan awal kehidupan anak, ASI saja dinilai sangat mencukupi kebutuhan tubuh. Kandungan dalam ASI dinilai lengkap dan bisa mendukung pertumbuhan si kecil dengan baik. Inilah alasan ibu selalu mengusahakan agar dirinya bisa memproduksi ASI melimpah untuk si kecil.

Gizi pada ASI

Bayi membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap agar bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. Ibu cukup memberikan ASI pada tahap usia 6 bulan dan melanjutkannya hingga si kecil berusia 2 tahun. Berikut adalah 7 kandungan gizi yang ditemukan dalam ASI dan bermanfaat bagi tubuh anak.

1. Lemak

Kandungan lemak pada ASI sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Lemak merupakan zat gizi yang akan berpengaruh pada perkembangan otak dan membantu meningkatkan bobot tubuh si kecil. Lemak juga berpengaruh pada proses penyerapan vitamin larut lemak dalam tubuh. Selain itu, lemak juga akan membantu proses perkembangan otak maupun saraf pada si kecil.

2. Karbohidrat

ASI juga diketahui mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jenis karbohidrat utama yang diketahui ada dalam ASI yaitu laktosa. Kandungan karbohidrat ini sangat penting dalam memelihara kebersihan sistem pencernaan. Selain itu karbohidrat juga akan membantu proses penyerapan fosfor juga kalsium.

3. Vitamin

Jenis vitamin dalam ASI sangat bervariasi jenisnya. Hal ini dipengaruhi oleh jenis makanan atau nutrisi yang masuk ke tubuh sang ibu. Semakin lengkap makanan dan nutrisi yang masuk maka semakin lengkap pula vitamin yang ditemukan dalam ASI. Jenis vitamin yang ditemukan dalam ASI seperti vitamin D yang penting untuk tulang, vitamin E yang menjaga sel darah merah, juga vitamin A untuk kesehatan mata.

4. Imunoglobulin

Salah satu kandungan dalam ASI yang sangat penting bagi tubuh bayi adalah imunoglobulin. Imunoglobulin merupakan bentuk antibodi yang akan membantu tubuh si kecil untuk lebih kuat melawan beragam jenis penyakit. Kandungan ini membuat ASI sebagai sumber imunitas alami yang dapat diterima oleh tubuh. Bahkan ASI juga disebut sebagai vaksin terbaik pertama yang dapat diterima bayi.

5. Hormon

Kandungan hormon juga ditemukan dalam ASI yang dikonsumsi si kecil. Jenis hormon yang terkandung dalam ASI sangat beragam seperti endorfin, prolaktin, kortisol, estrogen, relaksin, hormon pertumbuhan, dan lain sebagainya. Semua jenis hormon tersebut akan membantu mempengaruhi pertumbuhan hingga suasana hati si kecil.

6. Enzim

ASI juga mengandung enzim yang akan sangat membantu proses pencernaan makanan pada tubuh si kecil. Selain itu juga ada kandungan enzim yang berfungsi dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Setiap jenis enzim yang masuk ke tubuh bayi memiliki peran dan manfaat masing-masing yang sangat dibutuhkan oleh si kecil.

7. Protein

Dalam ASI ditemukan dua tipe protein, whey dan kasein. Kedua jenis protein ini membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih baik. Selain itu ditemukan juga protein yang membantu meningkatkan imunitas tubuh dan meningkatkan perkembangan otak si kecil. Jelas sekali bahwa kandungan protein ini akan sangat berpengaruh pada kelancaran pertumbuhan juga perkembangan tubuh anak.

Itulah tadi 7 jenis kandungan dalam ASI yang penting untuk masuk ke tubuh si kecil. Anak bisa bertumbuh dengan baik dan normal berkat kelengkapan nutrisi dari orang tua. Meskipun bukan satu-satunya cara, namun ASI tetap menjadi cara terbaik bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati tercinta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *