Home Otomotif Berikut Adalah Arti Huruf dan Angka di Tuas Persneling Mobil Matik

Berikut Adalah Arti Huruf dan Angka di Tuas Persneling Mobil Matik

by ritha halima

Kendaraan dengan transmisi otomatis atau kendaraan beroda empat matik kian banyak diminati untuk penggunaan dalam kota sebab lalu lintas yang kian padat. Lebih praktis dan gampang dikendarai menjadi alasan masyarakat Tanah Air memilih mengaplikasikan kendaraan beroda empat matik.

Sedangkan tidak mesti mengoper gigi dan menginjak kopling, sebelum menentukan mengendarai kendaraan beroda empat matik ada pantasnya pengemudi mempelajari dahulu arti huruf dan angka yang terdapat pada persneling kendaraan beroda empat matik.

Biasanya tuas transmisi terdapat sebagian huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L. Mempunyai fungsi berbeda, berikut arti dan penjelasan dari huruf dan angka hal yang demikian.

P mempunyai arti parking atau parkir. P umum diterapkan untuk kendaraan beroda empat yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan kendaraan beroda empat tak akan bergerak.

R mempunyai arti reverse atau gigi mundur. Gigi ini umumnya diterapkan ketika pengendara hendak memundurkan kendaraan.

N merupakan neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tak terhubung

D merupakan singkatan dari drive atau jalan. Umunya, kendaraan beroda empat matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 hingga gigi tertinggi akan dikuasai secara otomatis. Pengendara cuma tinggal menginjak gas dan rem.

Angka 2 pada transmisi otomatis umum diterapkan ketika engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta sekiranya berhadapan dengan tanjakan terjal. Karena, jikalau cuma mengaplikasikan D, kadang-kadang kendaraan beroda empat terasa berat dikala menanjak.

Padahal L mempunyai fungsi untuk membendung gigi tertinggi adalah gigi 1.

Ada juga sebagian kendaraan beroda empat bertransmisi matik yang mempunyai shift lock di sekitar tuas transmisi. Shift lock ini mempunyai fungsi untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga dapat dipindah ke posisi N dikala mesin mati. Shift lock berkhasiat ketika parkir sejajar sehingga kendaraan beroda empat matic dapat didukung untuk menggesernya.

You may also like

Leave a Comment