Home Kesehatan Berikut Orang Orang Yang Tidak Boleh Mendonorkan Darah

Berikut Orang Orang Yang Tidak Boleh Mendonorkan Darah

by ritha halima

Mendonorkan darah memang bagus, tetapi Anda tak sepatutnya memaksakan diri. Pasalnya, tak segala orang dapat mendonorkan darahnya kalau mengalami hal-hal berikut ini. Apa sajakah?

Apakah Anda pernah melaksanakan donor darah? Katanya, mendonorkan darah dengan rutin dapat menjaga tubuh senantiasa sehat sebab siklus darah di dalam tubuh menjadi bagus.

Malahan diceritakan juga, seandainya donor darah bisa membikin timbangan berat badan Anda turun. Mau mencobanya?

Melainkan tunggu dahulu, terbukti tidak segala orang bisa mendonorkan darahnya. Lalu, siapa saja yang dibolehkan untuk donor darah?

Siapa saja yang boleh melaksanakan donor darah?

Aktivitas donor darah kini tidak cuma dikerjakan di rumah sakit atau di markas Palang Merah Indonesia (PMI) saja, tapi juga di daerah-daerah biasa dan ramau seperti mall. Hal ini dimaksudkan supaya kian banyak orang menjadi relawan dan mendonorkan darahnya.

Jika Anda berusia 17-66 tahun, mempunyai keadaan kesehatan yang sehat dan berat badan lebih dari 50 kg, Anda boleh mendonorkan darah. malahan, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah rutinitas dan mencoba sendiri manfaatnya bagi kesehatan.

Lalu siapa yang tak disarankan untuk mendonorkan darahnya?

Melainkan, sayangnya tidak cuma umur dan status sehat secara biasa saja yang diperhatikan dikala Anda berharap mendonorkan darah. Riwayat kesehatan dan sebagian adat istiadat lainnya juga menjadi prasyarat untuk menjadi pendonor.

Berikut yaitu keadaan di mana Anda tak disarankan untuk mendonorkan darah:

• Mempunyai tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah Anda lebih dari 180/100 mmHg, karenanya Anda tak bisa melaksanakan donor darah. Seandainya konsisten mengerjakannya, karenanya cuma akan berbahaya keadaan Anda.

• Mengalami flu dan batuk. Walaupun bukan suatu penyakit yang parah, keadaan ini membikin tubuh menjadi tak bugar dan segar. Seandainya berharap mendonorkan darah, sebaiknya pulihkan dulu keadaan Anda.

• Baru saja ditindik di tubuh. Anda tidak boleh mendonorkan darah seandainya terdapat tindik di komponen lidah, hidung, pusar, dan komponen tubuh lain yang baru dipasangkan dalam waktu 12 bulan sebelumnya. Sementara, tindik di alat pendengar masih dibolehkan untuk mendonor.

• Mengalami diabetes yang tidak terkontrol. Jika Anda mempunyai diabetes dan kadar gula darah Anda tidak normal, karenanya Anda tidak disarankan untuk mendonorkan darah.

• Mengalami infeksi yang akut. Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan mengaplikasikan antibiotik, sebaiknya tidak mendonorkan darah lebih-lebih dulu. Karena, antibiotik yang Anda minum dapat ditularkan via darah yang Anda donorkan.

• Mengalami gangguan fungsi jantung. Seandainya Anda mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung dalam waktu 6 bulan terakhir, karenanya Anda sepatutnya menunda mendonorkan darah.

• Mengalami penyakit menular seksual, seperti sifilis atau gonore dalam 12 bulan terakhir. Anda sepatutnya menunggu 12 bulan sesudah pengobatan Anda benar-benar selesai untuk bisa mendonorkan darah.

• Sedang hamil. Ibu hamil tidak dibolehkan untuk mendonorkan darahnya. Jika Anda berharap donor darah, karenanya Anda sepatutnya menunggu sampai 6 bulan sesudah kelahiran.

• Berat badan kurang dari 50 kg. Jumlah darah seseorang cocok dengan proporsi berat badan dan tinggi badannya. Orang dengan berat badan terlalu ringan dianggap mempunyai jumlah darah yang sedikit, sehingga dikhawatirkan tak bisa mentoleransi pengambilan darah sejumlah yang diperlukan dalam cara kerja donor Pdarah.

Kecuali itu, Anda tak pernah boleh mendonorkan darah seandainya mempunyai riwayat penyakit berikut:

• HIV Positif

• Pembawa Hepatitis B dan Hepatitis C

• Pernah mengaplikasikan narkoba dan obat-obatan terlarang.

Untuk mengenal apakah Anda mempunyai keadaan hal yang demikian, lebih bagus Anda periksakan diri dahulu ke dokter sebelum mendonorkan darah.

You may also like

Leave a Comment