Home Kesehatan Cara Mengobati Amandel Selain Operasi

Cara Mengobati Amandel Selain Operasi

by ritha halima

Tak selamanya penyakit tonsil diobati dengan operasi. Ada sistem natural yang dapat dijalankan.

Penyakit radang tonsil dapat menyerang si kecil-si kecil dan orang dewasa. Nah, umumnya bagus si kecil-si kecil ataupun orang dewasa segera takut untuk dioperasi tonsil jika dokter telah menganjurkannya.

Meskipun, tak segala orang perlu menjalani tonsilektomi. Ada sejumlah sistem natural yang dapat dicapai untuk mengobati tonsil kecuali melalui operasi. Ini ia berita lengkapnya.

Apakah penyakit tonsil patut dioperasi?

Tak segala orang perlu dioperasi untuk mengobati tonsil. Umumnya operasi cuma akan menjadi sistem terakhir untuk menuntaskan tonsil. Tonsil Anda mungkin perlu diangkat melalui operasi apabila radang menyebabkan salah satu atau lebih dari keadaan di bawah ini:

• Susah bernafas

• Antibiotik tak mempan untuk melawan kuman penyebab radang

• Telah berkali-kali kena infeksi (penyakit tonsil kronis)

• Perdarahan pada tonsil

• Sleep apnea, keadaan di mana Anda acap kali stop bernafas dikala tidur

Metode mengobati tonsil tanpa operasi

Jika berdasarkan dokter Anda tak perlu menjalani operasi angkat tonsil, masih ada sebagian langkah yang patut dijalankan untuk mengobati tonsil. Simak langkah-langkahnya berikut ini, ya.

1. Rehat dahulu

Saat tonsil meradang, Anda sebaiknya rehat dahulu di rumah. Pasalnya, beristirahat dapat mempercepat pelaksanaan penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi memerlukan banyak daya untuk melawan kuman.

Sebab itu, usahakan untuk tak menjalankan kesibukan yang berlebihan seperti berprofesi, sekolah, atau berolahraga hingga Anda sembuh.

2. Makan makanan yang lembut

Radang tonsil biasanya membikin Anda malas makan sebab susah menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan gampang ditelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi regu, atau kentang tumbuk (mashed potato) dapat jadi opsi Anda.

Hindari dahulu gorengan atau makanan pedas sebab makanan-makanan hal yang demikian dapat membikin tonsil dan tenggorokan Anda kian iritasi.

3. Kumur air garam

Untuk orang dewasa dan si kecil-si kecil di atas delapan tahun, berkumur dengan air garam dapat menolong redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan sebab tonsil membengkak.

Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kaprah-kaprah satu sendok teh garam. Jika rasanya terlalu kuat buat Anda dan si kecil, Anda juga dapat mencampurkan satu sendok makan madu natural.

Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak selama kaprah-kaprah 30 detik. Lalu membuang airnya, jangan ditelan. Anda dapat berkumur sampai dua kali sehari atau dikala tenggorokan terasa sakit.

4. Minum obat pereda nyeri

Sekiranya rasa sakit di tenggorokan telah tak tertahankan lagi, Anda dapat minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat si kecil-si kecil di bawah lima tahun, konsultasikan dahulu dengan dokter si kecil obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

5. Banyak minum

Jaga tenggorokan dan tonsil Anda supaya konsisten lembap. Tonsil yang kering akan terasa kian perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat supaya tenggorokan lebih hening. Tapi, air dingin juga bagus untuk meredakan rasa nyeri. Anda dapat memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda.

You may also like

Leave a Comment