Home Kesehatan Ciri Ciri Kolesterol Sedang Tinggi

Ciri Ciri Kolesterol Sedang Tinggi

by ritha halima

Sebelum Anda kena koleksterol tinggi, sebaiknya kenal dahulu pertanda-tandanya. Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit membahayakan lainnya.

Kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh makan-makanan yang tak sehat, misalnya makanan gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh. Kecuali itu, obesitas dan jarang berolahraga juga dapat memicu kenaikan kadar kolesterol yang berisiko serangan jantung atau stroke.

Tetapi, apa saja pertanda-pertanda bila kolesterol sedang tinggi? Bagaimana metode mengetahuinya? Simak penjelasan komplit di bawah ini.

Bagaimana metode tahu bila kadar kolesterol sedang tinggi?

Ciri-ciri kolesterol tinggi dapat didiagnosis dengan percobaan darah yang disebut panel lipid. Dokter akan mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke lab untuk ditelaah. Dokter juga akan minta Anda untuk tak makan atau minum apa saja setidaknya selama 12 jam sebelum percobaan. Berikut yaitu jumlah kadar kolesterol yang dianggap normal oleh CDC:

• Kolesterol LDL: kurang dari 100 mg/dL

• Kolesterol HDL: 60 mg/dL atau lebih tinggi

• Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL

Kolesterol sempurna Anda biasanya dianggap “tinggi” kalau di atas 240 mg/dL.

Kolesterol LDL Anda biasanya dianggap “tinggi” kalau di atas 160 mg/dL.

Kolesterol HDL Anda biasanya dianggap “buruk atau terlalu rendah” kalau di bawah 40 mg/dL.

Saat saja risiko kalau mempunyai kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh?

Proses kadar kolesterol tubuh melonjak, arteri koroner yang mensuplai jantung dengan darah pelan dapat menyempit dampak penumpukan plak. Akibatnya ini disebut aterosklerosis, terjadi pelan seiring berjalannya waktu, pun kadang Anda tak menikmati gejala tertentu.

Kalau, kalau penumpukan plak terus menerus terjadi, sepotong plakat pada arteri dapat tersobek. Saat ini terjadi, bekuan darah akan terwujud di sekitar plak. Hal ini bisa menghambat aliran darah ke otot jantung dan sirna juga aliran oksigen dan nutrisinya.

Nah, kekurangan oksigen dan gizi ini disebut iskemia. Ketika jantung menjadi rusak, atau komponen jantung mulai mati sebab kekurangan oksigen, itulah yang disebut serangan jantung.

Lalu, apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi dalam tubuh?

1. Dada terasa nyeri

Proses kadar kolesterol tinggi, hal ini dapat menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri. Namun ini acap kali membikin alirah darah menuju jantung menjadi tak lancar. Nyeri pada dada acap kali terkait dengan keadaan ini.

Tetapi nyeri dada umumnya acap kali dipungkiri sebab dianggap sebagai rasa kelelahan. Nyeri dapat memicu aliran darah yang tak lancar dan dapat menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

2. Kaki dan tangan jadi mudah sakit

Orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi juga dapat mengalami rasa sakit pada komponen tangan dan kaki. Rasa sakit ini, dapat saja dialami dengan rasa nyeri, ngilu atau pun keadaan tak nyaman dikala dipakai untuk mengangkat benda berat atau pun bergerak sekalipun.

Mudah, lansia juga acap kali merasa panas dan kesemutan pada kaki dan tangan sehingga memberi pengaruh fungsinya. Hal ini menjadi petunjuk bahwa kolesterol telah menyebabkan aliran darah pada komponen kaki dan tangan menjadi tak lancar.

3. Jadi susah bernafas

Ciri-ciri kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan susahnya bernafas. Ini terjadi dampak penumpukan kolesterol yang terlanjur menjadi-jadi pada dinding pembuluh darah paru. Jantung telah tak dapat memompa darah dengan bagus ke paru, sehingga tubuh mengalami kekurangan oksigen.

4. Permasalahan capek

Tubuh yang amat lelah dapat terjadi pada seluruh orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Tidak utamanya, yaitu dikala tubuh hakekatnya tak menerima aliran darah kadar oksigen yang cukup.

Lalu, berjenis-jenis organ tubuh dipaksa untuk melaksanakan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Walaupun jarang alhasil tubuh yang gampang lelah dan tak termotivasi acap kali dialami oleh orang yang mengalami tinggi kolesterol.

5. Otot tubuh gampang lelah

Penderita hipertensi yang mengalami kolesterol tinggi juga dapat mengalami otot kaki yang amat lemah, lho. keadaan ini juga dapat terjadi pada seluruh orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Hal ini terjadi dikala arteri tak menerima aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi amat lemah.

You may also like

Leave a Comment