Home Kesehatan Inilah Cara Cara Menghindari Infeksi Bekas Tindikan

Inilah Cara Cara Menghindari Infeksi Bekas Tindikan

by ritha halima

Banyak yang mengatakan seandainya ditindik alias piercing itu sakit. Tetapi, banyak juga orang yang mengerjakan tindik di beraneka member tubuhnya.

Nah, hal yang seharusnya diamati kecuali rasa sakit dan keberanian untuk menindik yakni merawat luka bekas tindik. Salah-salah merawat luka tindikan, yang ada bahkan dapat menyebabkan infeksi dan luka.

Simak bagaimana metode untuk membersihkan dan merawat luka tindik di tubuh berikut ini.

Metode merawat luka tindik

1. Tindikan cukup dibersihkan dua kali dalam sehari

Sesudah Anda mengerjakan tindik, pada masa penyembuhan luka hal yang demikian mesti dibersihkan tiap hari. Untuk membersihkan tindikan, dianjurkan jangan dilaksanakan terlalu kerap kali. Khususnya seandainya luka tindik Anda belum mengering, hal ini akan memperlambat cara kerja pengeringan luka tindik. Kaprah-kaprah cukup dua kali saja sehari tiap-tiap sesudah mandi pagi dan petang, dan pantasnya dilaksanakan tergantung dari rasa sensitivitas kulit dan seberapa banyak kesibukan tubuh yang Anda lakukan.

2. Pakai sabun antibakteri

Pastikan seandainya Anda telah membersihkan tangan dengan sabun antibakteri. Tetapi dikala membersihkan, lebih bagus lapisi tangan Anda dengan sarung tangan lateks atau berbahan vinil. Hindari meraba tindikan seketika dengan tangan terbuka.

3. Pakai kapas dan cairan pembersih

Saat merawat luka tindik, Anda tak dapat asal memakai cairan pembersih tubuh. Pasalnya, tak seluruh cairan bereaksi bagus kepada luka tindik. Anda dapat memakai cairan garam laut (cairan saline) yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka tindik tanpa rasa sakit.

Garam laut juga dapat mengurangi nyeri pada tempat tubuh yang ditindik. Caranya, ambil ¼ sendok teh garam laut dan larutkan ke dalam 1 cangkir kecil air hangat bersih. Jangan berlebihan dalam memakai garam larut, sebab yang ada dapat menyebabkan perih pada kulit.

Nah, untuk mengoleskan ke komponen tubuh yang ditindik, Anda mesti memakai kapas atau kain kasa yang dicelup ke dalam larutan air garam laut. Bilas dengan lembut, jangan terlalu ditekan dan jangan terlalu tipis juga sentuhannya. Berakhir membersihkan dengan cairan garam, baru Anda dapat membilas dengan air bersih dan keringkan dengan diangin-anginkan.

4. Hindari tindikan dari debu dan kotoran

Jaga dan hindari luka piercing Anda di komponen tubuh manapun, terpenting tindik pusar dan alat kelamin. Tindik di komponen tubuh yang vital hal yang demikian lazimnya agak susah dan rentan luka seandainya tak dibersihkan dengan bagus.

Sayangnya, kalau tindikan terlalu kerap kali memperoleh tekanan atau pergesekan dari luar, hal hal yang demikian bisa membikin perhiasan tindik bergeser dan memunculkan luka baru. Coba konsumsi vitamin C dan suplemen yang mengandung zinc supaya luka jadi pesat sembuh dan terawat bagus dari dalam tubuh

5. Apabila lain yang seharusnya diamati

Mengapa luka tindik terasa kering dan perih, jangan pakai salep atau krim yang mengandung zat benzalkonium klorida. Apabila jangan? Kandungan zat hal yang demikian bisa mengiritasi tindikan dan menunda cara kerja penyembuhan luka tindik.

Mengapa Anda berharap berenang atau berendam di air, kenakan plester luka anti air guna mencegah air dan kuman lain masuk ke dalam luka tindik. Pastikan juga jangan ada bekas sabun, shampo atapun krim tubuh yang ketinggalan pada zona tindikan.

You may also like

Leave a Comment